Sehari di kantor polisi

Guys, gw mau sedikit share pengalaman gw nih.. Kemarin, untuk pertama kalinya, gw menginjak kantor polisi.. Untungnya bukan karena kena perkara kriminal (thank God!), tapi sekedar mengurus surat SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik). Gw perlu surat ini karena marupakan syarat wajib program beasiswa yang mau gw ikutin.

Jadilah gw dateng ke tuh kantor polisi..bareng Nyokap berhubung gw ga berani sendiri..hehe..(anak mami yach? Biarin, week.. ;p). Begitu gw masuk di pintu, ada satu sign yang menarik perhatian gw. Judulnya: ”LAYANAN POLISI DIBERIKAN SECARA GRATIS”. Oh, Ok juga..pikir gw. Pas masuk, sudah ada tulisan yang jelas: ”Perngurusan SKKB di lt.3”. Sepertinya layanan ini cukup banyak peminatnya yach, sampe ada penunjuk arahnya.

Naik ke lantai 3, gw sudah siapin semua persyaratannya, KTP, Surat Pengantar dari Kades (which by the way, pake uang ”administrasi” Rp 10.000 tuh bikinnya), Foto, dll lah. Lengkap dong..begitu di loket, diminta ke tempat foto. Tempat foto itu ga lain lokasi di sudut, ada tripod, dan background merah. Disampingnya ada meja dimana seorang Bapak berpakaian sipil sedang ongkang2 kaki sambil baca koran.. datenglah gw ke sana, trus disuruh isi absen (yach semacam itu lah..). Pas liat absennya, dah mulai curiga nih gw..abisnya ada yang nulis Rp 10.000 nih di atas nama gw. Ya udah deh, abis absent, di foto… selesai cetak foto..trus si Bapak itu ngomong lah: “Biaya Administrasi Mbak, Rp 15.000”. Yaaahh…mulai deh nih biaya “administrasi”. Yang bikin gw agak bete, kenapa gw diminta 15.000 ya? Yang tadi 10rb! Ya udah lah, gw ga mau repot..gw bayarlah..

Udahh..selesai foto.. Balik lagi lah ke loket.. Persyaratan dah lengkap doong.. Di balik loket itu ada 4 orang. 1 orang wanita paruh baya bertugas menjaga loket, 1 orang wanita oaruh baya lain di depan komputer, sisanya 2 orang laki-laki paruh baya baca koran dan ngobrol. Semuanya pake pakaian sipil, atau seragam pegawai negeri ya? Pokoknya yg coklat2 gitu deh warnanya. Si petugas loket membaca dokumen gw, terus bilang: “Ya sudah lengkap. Tinggal minta bantuan untuk administrasinya Mbak”. Yaaaahhh…”administrasi” lagi. Di sini gw dah mulai kesel nih..trus gw nanya, “Tadi saya diminta administrasi waktu foto, Rp 15.000. Kenapa sekarang diminta lagi Bu?”. Dia jawab: “Yang tadi mah buat tukang foto..kalo ini mah lain, administrasi. Kan kita mesti beli kertas, beli tinta, beli bolpen, kan semuanya pake duit Mbak!”. Heeeh??? Dia pikir orang bego apa? Jelas-jelas itu semua udah diprovide pemerintah, ini mah masuk kantongnya doang.

Melihat gw mulai panas, untungnya Nyokap ikut ngomong, jadi gw ga jadi ngeluarin kata-kata judes.. ”Ya udah, berapa administrasinya, Ibu?”. Jawabnya: ”seiklhlasnya aja..tapi yang banyak!”. Jeeeng!! Bikin bete.. Males banget, akhirnya gw bayar aja 10rb. Dasar…

Huuhh… sebenarnya yang bikin bete bukan jumlah uangnya.. tapi yg kepikir ama gw..Gw nyari tuh duit susah payah, kerja keras… eh, mereka Cuma ongkang2 kaki, baca koran, ngobrol, seharian, gampang banget dapet duit! Dasar koruptor! Dan setelah gw duduk lumayan lama, sambil menunggu surat gw keluar..gw itung-itung, dalam 15 menit, ada kali 4-5 orang yang mengurus surat yang sama. Bayangkan kalo 8 jam kerja, berapa dia dapat duit dalam sehari?????  Pantesan, banyak yg mau jadi pegawai negeri ya.. ;p

Leave a Reply

