Ayooo Sekolah! Ayooo Belajar!

Gw barusan nonton film ”Denias”. Agak telat sih nontonnya, padahal film ini udah dari 2 th lalu kali ya dirilis.. Anyway, gw terharu banget nontonnya. Memang film yg moving and inspiring banget. Basically, film ini bercerita tentang perjuangan Denias, seorang anak desa di Papua, untuk bisa sekolah. Luar biasa! Demi bisa sekolah, dia rela untuk pergi berjalan kaki ke desa di balik bukit..karena hanya di desa itu lah sekolah terdekat bisa ditemukan. Ini ga gampang loh.. memakan waktu beberapa hari, naik turun gunung, melewati hutan, dan jalan kaki pula!

Gilaaa..gw ga kebayang kalo gw ada di posisi dia…sanggup ga ya? Kita di area Barat Indonesia menurut gw sangat beruntung..karena pembangunan yang ada memungkinkan akses terhadap pendidikan dan kesehatan relatif mudah dibandingkan di Timur Indonesia, khususnya Papua. Dan akibatnya mudahnya akses tersebut, banyak dari kita menganggap remeh sekolah, merasa bahwa pergi ke sekolah itu merupakan kewajaran, bukannya kemewahan. Beda sekali kasusnya dengan si Denias, dimana bagi seorang anak desa terpencil di Papua, pergi ke sekolah itu adalah kemewahan, keberuntungan, impian.. yang belum tentu bisa terwujud!

Habis menonton film ini, gw jadi malu sendiri..

Dengan segala keberuntungan yang kita dapat, kok bisa ya kita males tiap berangkat ke sekolah?

Pantes ga ya, kita males belajar dan menyerah pada godaan mencontek?

Pantes ga ya, kita menyia2kan kesempatan sekolah, yang kita dapatkan hampir tanpa perjuangan?

Gw ga bisa membalik waktu..karena sekarang gw dah ga sekolah lagi, dalam arti sekolah ”formal”. Tapi belajar kan ga berhenti walaupun kita sudah lulus sekolah. Belajar itu bisa dilakukan terus menerus, dari sumber apa saja. Dari teman, orang tua, buku, berita..dari pengalaman hidup kita, setiap keberhasilan dan kegagalan..dari mana saja. Proses belajar baru benar-benar berakhir saat kita meninggal. Saat inilah, tertutup semua kesempatan.

Dan tentunya, kita nggak mau kan di akhir usia, kita meninggalkan dunia dengan perasaan menyesal karena tidak memanfaatkan semua kesempatan yang diberikan Tuhan?

Karena itu, mari mensyukuri kesempatan yang sudah diberikan pada kita. Bagi yang sedang menjalani kesempatan bersekolah, jalankan dengan sepenuh hati! Bagi yang sudah lulus, bekerjalah dengan penuh semangat, dan jangan lupa untuk terus Belajar dan Mengembangkan Diri.

Ingatlah, kita SANGAT BERUNTUNG! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s